Spesifikasi Teknik pemasangan Dak Beton Bondek



Bondek (bondeck) / Pengganti kayu adalah sejenis plat lantai berlapis galvanis atau yangsering disebut dengan Structural Floor Decking
(Struktur Plat Lantai) yang berfungsi sebagai alternatif pengganti sistem konvensional yang selama ini menggunakan triplex sebagai bekisting cor plat lantainya.
    Berbeda dengan triplex yang hanya berfungsi sebagai bekisting, plat bondek memilikikelebihan yaitu sebagai bekisting tetap dan berfungsi sebagai tulangan positf pada struktur plat lantai.
    Bondek.Pemasangannya cukup mudah yaitu sewaktu kita buat bekisting balok sekaliandigelar bondeknya.overlapping antar bondek langsung klip tdk menggunakan baut atau las.Untukhubungannya dengan balok adalah pakai shear connector yg dilas ke tulangan balok (bila balok dr betonatau kw wf bila balok er baja) Bila tdk mau beli shear connector cukup pakai besi beton, potong kira2 15cm, las ke bondek dan ke besibalok.



    Pengecorannya barengan dengan balok.kemudahan bondek adalah tdk perlu pakai perancahatau scafolding dibawahnya, dan tdk perlu dibuka lagi.tulangannya pun hanya selapis karena profilbondek jg sebagai tulangan positif.lebar efektif bondek yg ada sekarang adalah 1m tp tipe lama ada jugayg 760mm, tebal 0,7mm minimal, bahan galvanis dan panjang terwerah kebutuhan. Bisa sampai 12m tp untuk memudahkan bawanya kalau bisa kurang dari 8m. panjang bisacutting list sesuai kebutuhan.
- Dibagian tepi digunakan Shear Stud
- Antar Bondek tidak dilas, hanya Overlap.
bondex bisa diorder smp panjang 8m (utk mengurangi sambungan), ini cocok utk rangka baja dimana material bondex berada diatasa profil bajanya (tp tetep saja bentang antar profilnya umumnya 4m).

    kalo utk struktur beton, bondexnya ya tinggal di tumpangin diatas bekesting dinding balok. balok sama pelat yang pake bondeknya itu dibuat monolit...jadi bukan sekedar cuma menumpu di atas balokan.


    Bondek dengan struktur penopang kayu menurut saya bisa saja tapi harus dengan jarak yang lebih rapat, sehingga percuma memakai bondek karena keuntungan bondek adalah memberikan lebih banyak memberikan ruang bebas dibawahnya dan tidak perlu cabut bekisting.Kalau dengan stuktur kayu saya rasa lebih tepatmenggunakan grc 15mm untuk lantainya.

    
    Kesalahan yang sering dijumpai adalah shear connector nya terlalu jarang atau lupa dipasang sehingga menyusul dengan cara di bor dan ditancapkan. Metode pengeboran untuk menancapkan shear connector ini sudah benar, tapi karena di daerah sambungan ini terjadi tegangan, maka pemasangan shear connector lebih baik menggunakan chemical set (Lem khusus), seperti Hilti, Ramset, Fischer. Agar tidak terjadi retak pada permukaan atas plat betonnya. Dan lagi saat mau dilakukan cor, jangan lupa memasang perancah dibawah bondek, utk menghindari lendutan.



Light Group Indonesia melayani penjualan dan pemasangan Dak Bondek (floor Deck) di wilayah Yogyakarta, ( meliputi Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Wonosari ), Solo, Jawa Tengah ( meliputi Banjarnegara, Purwokerto, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Purwodadi, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Mungkid, Pati, Kajen, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Ungaran, Sragen, Sukoharjo, Slawi, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal ).

Komentar